Latest Stories


Apa itu C# (C sharp) ???


C# (dibaca C sharp) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan microsoft dikembangkan di bawah kepemimpinan Anders Hejlsberg (yang notabene juga telah menciptakan berbagai bahasa termasuk Borland C++ dan delphi).

Mengapa memilih C#?

1. SederhanaC#
menghilangkan beberapa hal yang bersifat kompleks yang terdapat dalam beberapa macam bahasa pemrograman seperti Java dan C++, termasuk diantaranya menghilangkan macro, templetes, multiple inheritence, dan virtual base classes. Hal-hal tersebut menyebabkan kebingungan pada saat menggunakannya, dan juga berpotensi dapat menjadi masalah bagi para programmer C++. Jika Anda pertama kali belajar bahasa C# sebagai bahasa pemrograman, maka hal-hal tersebut jelas tidak membuat waktu Anda terbuang terlalu banyak untuk mempelajarinya.

C# bersifat sederhana, karena bahasa ini didasarkan kepada bahasa C dan C++. Jika Anda familiar dengan C dan C++ atau bahkan Java, Anda akan menemukan aspek-aspek yang begitu familiar, seperti statements, expression, operators dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari C dan C++, tetapi dengan berbagai perbaikan yang membuat bahasanya menjadi lebih sederhana.

2. Modern
 Apa yang membuat C# menjadi suatu bahasa pemrograman yang modern?Jwabannya adalah adanya beberapa fitur seperti exception handling, garbage collection, extensitable data types, dan code security (keamanan kode/bahasa pemrograman). Dengan adanya fitur-fitur tersebut, menjadikan bahasa C# sebagai bahasa pemrograman yang modern.

3. Object Oriented Language
 Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented Language adalah encepsulation, inheritence, dan polymorphism.

4. Powerfull dan fleksibelC#
bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pengolahan kata, grafik, spreadsheet, atau bahkan membuat compiler untuk sebuah bahasa pemrograman

5. Efisien
 C# adalah bahasa pemrograman yang menggunakan jumlah kata-kata yang tidak terlalu banyak. C# hanya berisi kata-kata yang biasa disebut keywords. Keywords ini digunakan untuk menjelaskan berbagai macam informasi. Jika Anda berpikiran bahwa bahasa pemrograman yang menggunakan sangat banyak kata-kata (keywords) akan lebih powerfull, maka jawabannya adalah "pemikiran itu tidak selalu benar", karena hal itu justru bisa menambah kerumitan para developer pada saat membuat suatu aplikasi.

6. Moduler
 Kode C# ditulis dengan pembagian masing class-class (classes) yang terdiri dari beberapa routines yang disebut sebagai member methods. Class-class dan metode-metode ini dapat digunakan kembali oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh program atau aplikasi lain. Hanya dengan memeberikan informasi yang dibutuhkan oleh Class dan metode yang dimaksud, maka kita akan dapat membuat suatu kode yang dapat digunakan oleh satu atau beberapa aplikasi dan program (reusable code).

7. C# akan menjadi populer
 Dengan dukungan penuh dari microsoft yang akan mengeluarkan prduk-produk utamanya dengan dukungan Framework .NET, maka masa depan C# sebagai salah satu bahasa pemrograman yang ada di dalam lingkungan Framework .NET akan lebih baik  

Categories:

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    About