Latest Stories

yak kali ini saya akan membahas tentang citra dan grafik komputer , bagi yang belum tau apa itu citra pasti mengira citra itu nama orang , ya kan ? karena saya sendiri juga pertama kali mendengar kata itu saya bingung sekali apa itu citra ? nama orang kah ? dan ternyata bukan  citra adalah suatu gambar atau pemandangan yang di ambil menjadi gambar oleh suatu alat yang biasa di sebut kamera dengan kata lain citra bisa disamakan dengan foto  nah untuk yang berikutnya grafik komputer , pasti kalian sudah familiar dengan kata grafik ini , ya kan ? ya grafik komputer adalah proses pembuatan penyimpanan proses manipulasi citra . jadi kalo kita punya foto dan kita edit foto itu berarti kita secara tidak sadar sedang menjalankan proses grafik komputer hehe ,
contoh2 aplikasi  grafik komputer :

1.      Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia Fireworks, dan sebagainya.
2.       Computer Aided Desain (CAD)
Tampilan AutoCad
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD. 
3.      Grafik Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain. Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.
4.      Film
Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi. Contoh perangkat lunak yang digunakan: Macromedia Flash, Adobe After Effect, Adobe Premiere Pro, dan sebagainya.
 
Pengolahan Citra
Operasi pengolahan citra dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
1.      Perbaikan Kualitas citra (image enhancement)
Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Contohnya perbaikan kontras gelap / terang (contrast enhncement).
2.      Pemampatan Citra(image compression)
Operasi ini bertujuan untuk memampatkan citra sehingga memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra lebih kecil, tetapi hasil citra yang telah dimampatkan tetap memiliki kualitas gambar yang bagus.
Contohnya adalah metode JPEG.
3.      Analisis citra (image analysis)
Operasi ini bertujuan untuk menghitung besaran kuantitatif citra untuk menghasilkan deskripsinya.
4.      Rekonstruksi citra (image reconstruction)
Operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. operasi rekonstruksi citra banyak digunakan dalam bidang medis.
Contohnya adalah foto rontgen dengan sinar X digunkan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.
source:
staffsite.gunadarma.ac.id
 

Categories:

Leave a Reply

    Blogger news

    Blogroll

    About